Evaluation of the Implementation of Differentiation Learning in the Independent Curriculum Geography Subject at Sman 2 Gunung Talang Solok District
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran berdiferensiasi dan kendala yang di alami oleh guru pada mata pelajaran geografi kurikulum merdeka di kelas X. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi sangat efektif untuk diterapkan di dalam kelas terbukti dari minat belajar dan hasil belajar siswa yang meningkat dan semua tahapan dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi ini dari tahap pra pelaksanaan, pelaksanaa dan evaluasi sudah berjalan dengan baik dan semua aspek dalam pembelajaran berdiferensiasi ini sudah dilaksanakan dengan baik oleh guru geografi. Tapi dalam pelaksanaannya masih ada beberapa hal yang perlu dimaksimalkan lagi. Kendala yang ditemui seperti masih kurangnya waktu dalam pelaksanaannya sebab setiap sekolah sudah mengalokasikan waktu untuk setiap guru dan mata pelajarannya masing-masing. Sehingga guru tidak memiliki waktu yang cukup dalam pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dan sumber daya yang terbatas karena pembelajaran berdiferensiasi ini masih baru dalam penerapannya, muncul karena adanya kurikulum merdeka sehingga yang membuat menarik dalam kurikulum merdeka adalah pembelajaran berdiferensiasi ini
Downloads
References
[2] Fauzia, R., & Hadikusuma Ramadan, Z. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1608–1617.
[3] Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
[4] Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
[5] MS, M. (2023). Pembelajaran Berdiferesiasi Dan Penerapannya. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 533–543
[6] Mukti, Abdul dan Sayekti, Adjie, (2003), Gerbang; Majalah Pendidikan, 4, 36-38.
[7] Tomlinson Carol A, Tomlinson. 2001. How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms, Britania Raya: ASCD.
[8] Tomlinson, Carol A & Moon, Tonya R, Assessment and Student Succes in a Differentiated Classrooms, (VA: ASCD, 2013), hlm. 45- 46
[9] Tomlinson. 2000. Differentiation of Instruction in the Elementary Grades, Britania Raya: ERIC Digests.
[10] Tomlinson. 2021. How To Differentiate In Mixed Ability Classroom, ASCD, Tomlinson, Modul 2. 1 Pendidikan Guru Penggerak.